LESSON COMMUNITY 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : IPS dan Matematika
Tema : Peristiwa
Kelas / Semseter :
III / 2
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu :
2 x 30 menit
Standar Kompetensi :
·
IPS : Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang (2)
·
Matematika : Menghitung
keliling, luas persegi dan persegipanjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah (5)
Kompetensi dasar
- IPS : Mengenal sejarah uang (2.4)
- Matematika : Menghitung keliling persegi dan persegipanjang (5.1)
Nilai-nilai
Karakter Bangsa : Jujur, rasa ingin tahu, dan kreatif
Indikator
IPS : Mendeskripsikan ciri-ciri uang
kertas
Matematika : Menentukan keliling persegi
panjang
I.
Tujuan Pembelajaran
·
Peserta
didik dapat menjelaskan ciri-ciri uang kertas berdasarkan nilainya secara lisan
ataupun tertulis
·
Peserta
didik dapat menghitung keliling benda
yang berbentuk persegi panjang
II. Materi Ajar
` . IPS : Ciri-ciri uang kertas berdasarkan
nilainya
Uang kertas Rp 1.000
-
Bagian depan bergambarkan
Fatimura
-
Bagian belakang bergambar
perahu layar
Matematika : Keliling persegi panjang
Rumus Keliling = 2 x (p + l)
III. Metode dan model pembelajaran
Metode -
Pemberian tugas
- Penemuan/inkuiri
- Diskusi
Model Pembelajaran : Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua
Tamu)
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pra Kegiatan
a. Menyiapkan
sarana pembelajaran yang akan digunakan
b. Mengkondisikan siswa ke arah
pembelajaran yang kondusif
2. Kegiatan Awal (5 menit)
a. Informasi tentang materi yang akan
dipelajari yaitu ciri-ciri uang kertas berdasarkan nlainya dan keliling persegi
panjang
b. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang harus tercapai yakni
peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri uang kertas berdasarkan nilainya
secara lisan atau tertulis, dan menghitung keliling persegi panjang.
c.
Menyanyikan lagu “Rupiah” sebagai upaya memotivasi belajar peserta didik
Siapa
orang yang tak suka pada jenis uang rupiah
Semua
orang mencarinya dimana uang itu berada
Uang
uang uang yesss
3. Kegiatan Inti (30 menit)
Ekplorasi
a.
Tanya
jawab secara Jujur terkait pengetahuan siswa tentang uang. contoh pertanyaan : - Sebutkan jenis-jenis uang berdasarkan
bahannya? – Bagaimana cara menyimpan uang yang aman ? Bagaimana bentuk uang ?
b. Guru memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk menyebutkan nilai uang yang dibawanya dan bagaimana bentuknya
secara Jujur.
Elaborasi
a. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok ( Setiap kelompok 10
orang )
b. Dengan Kreatif peserta didik
berdiskusi dalam kelompok untuk mengidentifikasi ciri-ciri uang kertas
berdasarkan nilainya dan mengukur kelilingnya dengan pembagian tugas sebagai
berikut.
- Kelompok 1 Mengamati ciri-ciri dan
mengukur keliling uang 1.000
- Kelompok 2 Mengamati ciri-ciri dan mengukur keliling uang 2.000
- Kelompok 3 Mengamati ciri-ciri dan mengukur keliling uang 5.000
- Kelompok 4 Mengamati ciri-ciri dan mengukur keliling uang 10.000
c. Dengan perasaan ingin tahu dua orang
peserta didik dari tiap-tiap kelompok bertamu kepada kelompok lain, untuk
memperoleh informasi tentang ciri-ciri uang dan ukuran keliling uang ketas yang
dipelajarinya. Teknik bertamu berkeliling ke semua kelompok searah jarum jam.
d. Dua orang yang tinggal dalam kelompok
bertugas memberi informasi dengan jujur tentang
ciri-ciri uang yang telah dipelajarinya dan ukuran kelilingnya.
e. Tamu mohon diri dan kembali ke kelompknya
untuk menyampaikan informasi yang diperolehnya.
f.
Kelompok
mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka secara jujur
g. Peserta didik menyusun laporan dengan cara
mendeskripsikan ciri-ciri uang kertas berdasarkan nilainya secara tertulis,
serta dengan kreatif siswa membuktikan ukuran kelilingnya.
Konfirmasi
a. Secara Jujur peserta didik membacakan
laporan kelompok secara bergiliran
b. Menyimpulkan hasil kerja kelompok
c. Memajangkan hasil kerja kelompok sesuai
kreatifnya masing-masing
d. Memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk bertanya
4. Kegiatan Akhir (5 menit)
a.
Merefleksi materi yang telah
dipelajari melalui penegasan dan Tanya jawab sebagai kesimpulan akhir
b. Memberikan tugas secara individu untuk mendeskripsikan
ciri-ciri uang kertas bernilai 500 serta mengukur kelilingnya.
c. Menginpormasikan materi yang akan dibahas
pada pertemuan selanjutnya.
V. Penilaian
IPS
Prosedur :
Penilaian Hasil
Teknik :
Non Tes
Jenis :
Produk
Instrumen :
Lembar Penilaian
No
|
Indikator
|
Uraian Soal
|
Tingkat Kognitif
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri-ciri uang kertas yang bernilai
1.000
|
Tulislah ciri-ciri uang
kertas yang bernilai 1.000 !
|
C.2
|
Bagian muka bergam bar Fatimura dan lambang garuda, Bertuliskan Bank
Indonesia Seribu Rupiah, ditanda tangani deputi gubernur. Bagian belakang
tercantum seri uang, bergambar Pulau Matapadan Tidore, gunung, danau dan
perahu
|
100
|
Matematika
Prosedur :
Penilaian Hasil
Teknik :
Tes
Jenis :
Tertulis
Bentuk :
Uraian
Instrumen :
Soal
No
|
Indikator
|
Uraian Soal
|
Tingkat Kognitif
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Peserta didik dapat menghitung keliling uang kertas yang bernilai 1.000
|
Hitunglah keliling uang
kertas yang bernilai 1.000 !
|
C.2
|
Panjang
14 cm
Lebar 6
cm
Keliling 40 cm
|
100
|
VI. Alat dan Sumber
- Model uang kertas
- Penggaris mika 30 cm.
Cipanas, 22
Mei 2013
Kepala
Sekolah Guru
p Praktek,
........................ RANI NOPI ANSYAH, S.Pd
LEMBAR KERJA SISWA
Mata pelajaran : IPS dan Matematika
Tema : Bermain dan berolahraga
Kelas / Semseter :
III / 2
Alokasi Waktu : 10 menit
Standar Kompetensi :
IPS : Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang (2)
Matematika : Menghitung
keliling, luas persegi dan persegipanjang, serta penggunaannya
dalam pemecahan masalah (5)
Kompetensi dasar :
IPS : Mengenal sejarah uang (2.4)
Matematika :Menghitung keliling persegi dan
persegipanjang (5.1)
Petunjuk!
1. Amati uang yang kalian miliki.
2. Tuliskan ciri-ciri uang tersebut pada kolom di
bawah!
3. Kemudian
hitunglah keliling uang itu dan tuliskan pada kolom di bawah!
NO
|
Nilai uang
|
JAWABAN
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
KELOMPOK : ..........................................
ANGGOTA : 1. ...........................................
2. ..........................................
3. ..........................................
4. ...........................................
5. ...........................................
6. ...........................................
7. ...........................................
8. ...........................................
9. ...........................................
10. .........................................
LEMBAR EVALUASI
Nama : .......................................
Kelas : .......................................
Nilai : ......................................
Selesaikanlah Soal-Soal di bawah
Ini dengan Benar !
1.
Sebutkan tiga ciri uang
di bawah ini !
Jawab...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Berapakah keliling uang tersebut !
Jawab:
..........................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar