Jumat, 24 Mei 2013

RPP LESSON STUDY OLEH KELOMPOK NOPI ( KURIKULUM 2013 )











LESSON COMMUNITY 1

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran                         :    IPS dan Matematika
Tema                                       :    Peristiwa
Kelas / Semseter                      :    III  /  2
Pertemuan ke                          :    1
Alokasi Waktu                        :     2 x 30 menit
Standar Kompetensi             :
·         IPS                              : Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang (2)
·                                                                               Matematika                   :  Menghitung keliling, luas persegi dan persegipanjang, serta          penggunaannya dalam pemecahan masalah (5)
Kompetensi dasar
  • IPS                              : Mengenal sejarah uang (2.4)
  • Matematika                 : Menghitung keliling persegi dan persegipanjang (5.1)

Nilai-nilai Karakter Bangsa  : Jujur, rasa ingin tahu, dan kreatif
Indikator
IPS                                : Mendeskripsikan ciri-ciri uang kertas
Matematika                   : Menentukan keliling persegi panjang

I.              Tujuan Pembelajaran
·         Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri uang kertas berdasarkan nilainya secara lisan ataupun tertulis
·         Peserta didik  dapat menghitung keliling benda yang berbentuk persegi panjang

    II.      Materi Ajar
`      . IPS                     : Ciri-ciri uang kertas berdasarkan nilainya
                                      Uang kertas Rp 1.000
-          Bagian depan bergambarkan Fatimura
-          Bagian belakang bergambar perahu layar
         Matematika        : Keliling persegi panjang
                                      Rumus Keliling = 2 x (p + l)

 III.      Metode dan model pembelajaran
Metode   - Pemberian tugas
- Penemuan/inkuiri
- Diskusi
         Model Pembelajaran      : Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu)

 IV.      Langkah-langkah Pembelajaran
1.       Pra Kegiatan
a.       Menyiapkan  sarana pembelajaran yang akan digunakan
b.       Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran  yang  kondusif
2.      Kegiatan Awal (5 menit)
a.       Informasi tentang materi yang akan dipelajari yaitu ciri-ciri uang kertas berdasarkan nlainya dan keliling persegi panjang
b.    Mengkomunikasikan  tujuan pembelajaran yang harus tercapai yakni peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri uang kertas berdasarkan nilainya secara lisan atau tertulis, dan menghitung keliling persegi panjang.
c.          Menyanyikan lagu “Rupiah”  sebagai upaya memotivasi belajar peserta didik
Siapa orang yang tak suka pada jenis uang rupiah
Semua orang mencarinya dimana uang itu berada
Uang uang uang yesss
3.      Kegiatan Inti (30 menit)
      Ekplorasi
a.          Tanya jawab secara Jujur terkait pengetahuan siswa tentang uang. contoh pertanyaan : - Sebutkan jenis-jenis uang berdasarkan bahannya? – Bagaimana cara menyimpan uang yang aman ? Bagaimana bentuk uang ?
b.       Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyebutkan nilai uang yang dibawanya dan bagaimana bentuknya secara Jujur.
Elaborasi
a. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok ( Setiap kelompok 10 orang )
b. Dengan Kreatif  peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk mengidentifikasi ciri-ciri uang kertas berdasarkan nilainya dan mengukur kelilingnya dengan pembagian tugas sebagai berikut.
-   Kelompok 1 Mengamati ciri-ciri dan mengukur keliling uang 1.000
-   Kelompok 2 Mengamati ciri-ciri  dan mengukur keliling uang 2.000
-   Kelompok 3 Mengamati ciri-ciri  dan mengukur keliling uang 5.000
-   Kelompok 4 Mengamati ciri-ciri  dan mengukur keliling uang 10.000
c.    Dengan perasaan ingin tahu dua orang peserta didik dari tiap-tiap kelompok bertamu kepada kelompok lain, untuk memperoleh informasi tentang ciri-ciri uang dan ukuran keliling uang ketas yang dipelajarinya. Teknik bertamu berkeliling ke semua kelompok searah jarum jam.
d.      Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas memberi informasi dengan  jujur tentang ciri-ciri uang yang telah dipelajarinya dan ukuran kelilingnya.
e.       Tamu mohon diri dan kembali ke kelompknya untuk menyampaikan informasi yang diperolehnya.
f.        Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka secara jujur
g.       Peserta didik menyusun laporan dengan cara mendeskripsikan ciri-ciri uang kertas berdasarkan nilainya secara tertulis, serta dengan kreatif siswa membuktikan ukuran kelilingnya.
Konfirmasi
a.       Secara Jujur peserta didik membacakan laporan kelompok secara bergiliran
b.      Menyimpulkan hasil kerja kelompok
c.       Memajangkan hasil kerja kelompok sesuai kreatifnya masing-masing
d.      Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
4.      Kegiatan Akhir (5 menit)
a.       Merefleksi materi yang telah dipelajari melalui penegasan dan Tanya jawab sebagai kesimpulan akhir
b.      Memberikan tugas secara individu untuk mendeskripsikan ciri-ciri uang kertas bernilai 500 serta mengukur kelilingnya.
c.       Menginpormasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
    V.      Penilaian
IPS
Prosedur             : Penilaian Hasil
Teknik                : Non Tes
Jenis                   : Produk         
Instrumen           : Lembar Penilaian

No
Indikator
Uraian Soal
Tingkat Kognitif
Kunci Jawaban
Skor
1
Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri-ciri uang kertas yang bernilai 1.000
Tulislah ciri-ciri uang kertas yang bernilai 1.000 !
 C.2
Bagian muka bergam bar Fatimura dan lambang garuda, Bertuliskan Bank Indonesia Seribu Rupiah, ditanda tangani deputi gubernur. Bagian belakang tercantum seri uang, bergambar Pulau Matapadan Tidore, gunung, danau dan perahu
100


Matematika
Prosedur             : Penilaian Hasil
Teknik                : Tes
Jenis                   : Tertulis
Bentuk               : Uraian          
Instrumen           : Soal

No
Indikator
Uraian Soal
Tingkat Kognitif
Kunci Jawaban
Skor
1
Peserta didik dapat menghitung keliling uang kertas yang bernilai 1.000
Hitunglah keliling uang kertas yang bernilai 1.000 !
 C.2
Panjang  14 cm
Lebar  6 cm
Keliling 40 cm

100

 VI.      Alat dan Sumber
- Model uang kertas
- Penggaris mika 30 cm.

                                                                                        Cipanas,    22 Mei 2013
   Kepala Sekolah                                                           Guru p Praktek,



  ........................                                                            RANI NOPI ANSYAH, S.Pd



                                                                                                                                                                                                                                        










LEMBAR KERJA SISWA

Mata pelajaran                         :    IPS dan Matematika
Tema                                       :    Bermain dan berolahraga
Kelas / Semseter                      :    III  /  2
Alokasi Waktu                        :     10 menit
Standar Kompetensi             :
IPS                                 : Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang (2)
Matematika        : Menghitung keliling, luas persegi dan persegipanjang, serta       penggunaannya dalam pemecahan masalah (5)
Kompetensi dasar                 :
IPS                                 : Mengenal sejarah uang (2.4)
Matematika                   :Menghitung keliling persegi dan persegipanjang (5.1)

Petunjuk!
1. Amati uang yang kalian miliki.
2. Tuliskan ciri-ciri uang tersebut pada kolom di bawah!
3.  Kemudian hitunglah keliling uang itu dan tuliskan pada kolom di bawah!
NO
Nilai uang
JAWABAN
1.




2.





KELOMPOK    : ..........................................
ANGGOTA       : 1. ...........................................
                             2.  ..........................................
                             3.  ..........................................
                             4. ...........................................
  5. ...........................................
6. ...........................................
7. ...........................................
8. ...........................................
9. ...........................................
10. .........................................





LEMBAR EVALUASI


Nama      : .......................................
Kelas       : .......................................

Nilai        : ......................................

Selesaikanlah Soal-Soal di bawah Ini dengan Benar !
1.      Sebutkan tiga ciri uang  di bawah ini !
 














Jawab...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.      Berapakah keliling uang tersebut !
Jawab: ..........................................................................................................
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar