Selasa, 18 Oktober 2016

tugas RPP terpadu

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU

SD                                          : SD Ramah Anak  
Kelas/Semester                  : VI/ 1
Tema                                     : 1. Selamatkan mahkluk hidup
Subtema                               : 1. Tumbuhan Sumber Kehidupan
Pembelajaran ke-               : 1
Alokasi Waktu                     :1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.     Kompetensi Inti (KI)
1.     Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.     Memahami pengetahuan faktual   dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
5.    DOMAIN SD/MI
B.    Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
1.1      Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
 3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata  baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.

Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
3.1 Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal, dan persen).
4.1 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matema-tika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data, serta memeriksa kebenaran jawabannya.

IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakannya,serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.6  Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk hidup.
4.4 Mengikuti prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
1.2.1 Mengungkapkan rasa syukur atas ciptaan makluk Tuhan Yang beragam.
2.1.1 Menunjukkan perilaku bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
3.1.1 Menemukan informasi manfaat dan asal data dari teks investigasi.
4.1.1 Membuat laporan struktur teks investigasi.

Matematika
1.1.1      Mengungkapkan rasa syukur dengan berdoa setiap memulai kegiatan.
2.1.1      Menunjukkan perilaku bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
3.1.1      Menentukan hasil operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.
4.1.1      Menyelesaikan soal cerita pecahan, desimal, dan persen menggunakan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.
IPA
1.1.1  Menunjukkan rasa syukur atas keberagaman tumbuhan sebagai ciptaan Tuhan.
2.1.1 Menunjukkan perilaku tanggungjawab saat melakukan aktivitas berdiskusi.
3.6.1  Menjelaskan proses perkembangbiakan generatif pada tumbuhan.
4.4.1        Melaporkan perkembangbiakan generatif tanaman.
D.   Tujuan pembelajaran
1.      Setelah diberikan gambar lingkungan sekitar, siswa dapat menjelaskan  manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia dan hewan dengan benar.
2.     Setelah melakukan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan struktur teks investigasi dengan penuh tanggung jawab.
3.     Setelah membaca berbagai  sumber, siswa dapat menjelaskan  perkembangbiakan makhluk hidup dengan tepat.
4.     Dengan mengamati lingkungan, siswa dapat menemukan persamaan dan perbedaan perkembangbiakan tumbuhan dengan tepat.
5.     Setelah menyusun laporan, siswa dapat mempresentasikan laporan pengamatan perkembangbiakan tumbuhan secara generatif.
6.     Setelah melakukan latihan, siswa dapat menentukan hasil operasi hitung bentuk pecahan desimal, persen dan campuran dengan benar.

E.   Materi Pembelajaran
1.     Teks Investigasi
2.     Struktur bunga dan proses perkembangbiakan generatif
3.     Operasi Hitung Pecahan
F.     Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Pembelajaran dibuka dengan salam dan berdo’a bersama dengan penuh khidmat
2.    Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.    Guru mengajak peserta didik meyanyikan lagu “Bunga Nusa Indah”. (Lagu disesuaikan dengan konteks daerah)
4.    Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai. Contohnya seelah membaca teks investigasi peserta didik dapat menjelaskan manfaat dan memperoleh data dari teks investigasi.
5.    Guru menyampaikan cakupan materi teks investigasi struktur bunga, proses dan jenis perkembangbiakan generatif, serta operasi hitung pecahan.
6.    Guru menyampaikan lingkup teknik penilaian yang akan dilakukan adalah sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
15 Menit
Kegiatan Inti

1.    Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok kecil, peserta didik diminta keluar kelas untuk mengamati berbagai jenis tumbuhan  kemudian berdiskusi hasil temuannya*)
Perhatikan lingkungan di sekitarmu. Berbagai jenis tumbuhan ada di sekitarmu. Apa manfaat tumbuhan bagi kehidupan dan bagaimanakah perkembangbiakannya? Yuk, kita cari tahu!
*) Jika kondisi tidak memungkinkan, peserta didik diberi tugas mengamati gambar yang terdapat pada buku peserta didik, lalu menyampaikan hasil diskusi dengan kelompoknya di depan kelas.
2.    Perwakilan peserta didik membaca nyaring dan peserta didik yang lain menyimak bacaan yang ada pada buku siswa**)
**) Jika memungkinkan sehari sebelumnya siswa menulis tentang perkembangbiakan jagung atau mencari pada sumber lain tentang perkembangbiakan jagung. Jagung dapat diganti sesuai dengan kondisi sekolah tentang tanaman lain yang sejenis.
3.    Peserta didik membuat 2 pertanyaan mengenai tanaman sebagai sumber kehidupan berdasarkan hasil pengamatan langsung atau gambar. Secara berpasangan, peserta didik meminta temannya untuk saling menjawab.
4.    Guru membimbing peserta didik untuk membuat  laporan investigasi tentang perkembangbiakan jagung. Kemudian peserta didik ditugasi untuk menjelaskan manfaat, cara memperoleh data dari teks investigasi.
5.    Guru memberikan pertanyaan stimulan  mengenai isi teks investigasi.
6.    Peserta didik secara berkelompok mengamati:
-       bagian–bagian bunga sempurna
-       menemukan  stuktur bunga
-       gambar bagian-bagian reproduksi pada bunga
7.    Mencari informasi dari berbagai sumber tentang  jenis  penyerbukan, proses perkembangbiakan generatif  dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.
8.    Guru mengamati proses kerja kelompok, sambil memotivasi peserta didik yang belum aktif.
9.     Peserta didik secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompok di depan kelas.
10.    Peserta didik berlatih menemukan hasil operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
11.    Peserta didik melakukan percobaan/mengerjakan soal cerita tentang:
-       Hasil operasi hitung penjumlahan
-       Hasil operasi hitung pengurangan
-       Hasil operasi hitung perkalian pada berbagai   bentuk pecahan dengan menggunakan strategi atau cara dengan teliti.
12.    Secara berpasangan peserta didik saling bertukar pertanyaan dan menjawabnya.
13.    Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok.
14.    Peserta didik mendisplay hasil kerja kelompok.
15.    Peserta didik melakukan kunjung karya dan menuliskan kesan pada karya yang dikunjungi.
16.    Guru memberikan penguatan materi dan menanggapi hasil kerja kelompok.
165 menit
Penutup

1.    Peserta didik dibimbing guru untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
2.    Guru melakukan penilaian.
3.    Peserta didik diajak melakukan refleksi terhadap aktivitas pembelajaran yang telah dilakukan.
4.    Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
5.    Guru menyampaikan rencana kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi dan program pengayaan.
6.    Guru memberikan tugas/PR kepada peserta didik terkait materi yang telah dipelajari.
7.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk per­temuan berikutnya.
25 menit

G.    Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Sikap: Observasi
b.    Pengetahuan: Tes tulis
c.    Keterampilan: Daftar periksa
2.    Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Sikap: Observasi
Lembar pengamatan terhadap peserta didik di kelas/sekolah
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai!
No
Nama Peserta Didik
Tanggung jawab
SB
B
C
K
1.





2.





3.





SB  = Sangat baik;        B  = Baik;       C  = Cukup;   K  = Kurang

Rubrik Penilaian sikap

Aspek
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
Tanggung jawab
Memenuhi kriteria:
1. Menyelesaikan tugas tepat waktu
2. Mengerjakan tugas sesuai petunjuk
3. Mengerjakan semua lembar kegiatan
1.     
Terpenuhi 2 kriteria
Terpenuhi 1 kriteria
Tidak terpenuhi semua kriteria

b.    Penilaian Pengetahuan: Tes Tulis
Soal:
1)    Jelaskan proses perkembangbiakan generatif pada tumbuhan jagung!
2)    Tuliskan laporan hasil pengamatanmu terhadap perkembangbiakan generatif pada tumbuhan jagung!
3)     Ibu membeli  kg jagung di pasar. Ayah membawa 3,75 kg jagung yang dipetik dari kebun. Jika 50% dari jagung-jagung itu digunakan untuk memberi makan ayam, sisa jagung yang masih ada berjumlah ... kg.

Kunci Jawaban:
1)     Proses perkembangbiakan pada tanaman jagung diawali dengan penyerbukan, yaitu: melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal biji. Kemudian sel kelamin jantan (spermatozoid) masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari. Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu: peleburan sel kelamin (spermatozoid) dengan sel kelamin betina atau sel telur. Hasil dari pembuahan adalah Zigot yang selanjutnya berkembang menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji, dan bakal buah berkembang menjadi daging buah. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.
2)      Laporan yang ditulis peserta didik berisi unsur-unsur berikut: (a) judul; (b) jenis tugas; (c) metode; (d) alat dan bahan; (e) deskripsi perkembangbiakan jagung.
3)      Jawaban:  kg + 3,75 kg – 50% = 5,25 kg

Pedoman penskoran:
Jawaban benar soal nomor 1 diberi skor maksimal 20
Jawaban benar soal nomor 2 diberi skor maksimal 50
Jawaban benar soal nomor 3 diberi skor maksimal 30
Skor maksimal ideal = 100

c.    Penilaian Keterampilan: Produk
Daftar Periksa Penilaian Tugas Bahasa Indonesia Membuat Laporan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
Informasi Umum
Mampu menemukan informasi umum secara tepat, lengkap, dan benar.
Informasi umum yang ditemukan tepat, tetapi kurang lengkap.
Informasi umum yang ditemukan kurang tepat.
Informasi umum yang ditemukan tidak tepat.
Fakta-fakta berdasarkan data
Merespon dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.
Merespon dengan tepat terhadap  komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
Kesimpulan
Mampu menemukan kesimpulan secara tepat, lengkap, dan benar.
Kesimpulan yang ditemukan cukup tepat, tetapi kurang lengkap.
Kesimpulan yang ditemukan kurang tepat.
Kesimpulan yang ditemukan tidak tepat.
Penilaian:
Skor = [total nilai : total kolom] x 10

H.    Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.  Media/Alat          :    Tanaman, macam-macam bunga, gambar bunga, gambar seri proses penyerbukan, satu jenis tanaman bahan makanan; teks lagu Bunga Nusa Indah.
2.  Bahan                :    Karton/kertas
Pensil warna/spidol   
3.    Sumber Belajar:     
a.    Lingkungan sekitar.
b.    Afriki, dkk. 2015. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk Kelas VI, Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup. Jakarta: Kemdikbud.


Mengetahui:
Kepala Sekolah .........


_____________________________
NIP. .......................................
Yogyakarta, ................................
Guru Kelas,



_______________________________
NIP. ..........................................