RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU
SD : SD
Ramah Anak
Kelas/Semester :
VI/ 1
Tema : 1.
Selamatkan mahkluk hidup
Subtema : 1. Tumbuhan
Sumber Kehidupan
Pembelajaran
ke- : 1
Alokasi
Waktu :1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual dengan cara
mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
5.
DOMAIN SD/MI
B. Kompetensi
Dasar
Bahasa
Indonesia
1.1 Meresapi
makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.1 Memiliki kepedulian dan
tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan
investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran
dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan
menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan
lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,
tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta
bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
3.1
Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa,
campuran, desimal, dan persen).
4.1
Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matema-tika, dan memilih
strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan
dengan operasi hitung, bangun ruang dan data, serta memeriksa kebenaran
jawabannya.
IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakannya,serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri
ilmiah dan berdiskusi.
3.6
Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk hidup.
4.4
Mengikuti prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam
bentuk tulisan.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
1.2.1
Mengungkapkan rasa syukur atas ciptaan makluk Tuhan Yang beragam.
2.1.1 Menunjukkan perilaku
bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
3.1.1 Menemukan
informasi manfaat dan asal data dari teks investigasi.
4.1.1 Membuat laporan struktur teks investigasi.
Matematika
1.1.1 Mengungkapkan
rasa syukur dengan berdoa setiap memulai kegiatan.
2.1.1 Menunjukkan
perilaku bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
3.1.1 Menentukan
hasil operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.
4.1.1
Menyelesaikan soal cerita pecahan,
desimal, dan persen menggunakan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan
perkalian.
IPA
1.1.1
Menunjukkan rasa syukur atas keberagaman tumbuhan sebagai ciptaan Tuhan.
2.1.1 Menunjukkan perilaku tanggungjawab saat
melakukan aktivitas berdiskusi.
3.6.1
Menjelaskan proses perkembangbiakan generatif pada tumbuhan.
4.4.1
Melaporkan
perkembangbiakan generatif tanaman.
D. Tujuan
pembelajaran
1.
Setelah diberikan
gambar lingkungan sekitar, siswa dapat menjelaskan manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia dan
hewan dengan benar.
2.
Setelah melakukan
diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan struktur teks investigasi dengan
penuh tanggung jawab.
3.
Setelah membaca
berbagai sumber, siswa dapat
menjelaskan perkembangbiakan makhluk
hidup dengan tepat.
4.
Dengan mengamati
lingkungan, siswa dapat menemukan persamaan dan perbedaan perkembangbiakan
tumbuhan dengan tepat.
5.
Setelah menyusun
laporan, siswa dapat mempresentasikan laporan pengamatan perkembangbiakan
tumbuhan secara generatif.
6.
Setelah melakukan
latihan, siswa dapat menentukan hasil operasi hitung bentuk pecahan desimal,
persen dan campuran dengan benar.
E. Materi
Pembelajaran
1. Teks Investigasi
2.
Struktur bunga dan proses perkembangbiakan
generatif
3.
Operasi Hitung Pecahan
F. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Pembelajaran
dibuka dengan
salam dan berdo’a bersama dengan penuh khidmat
2.
Guru
memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3. Guru
mengajak peserta didik meyanyikan lagu “Bunga Nusa Indah”. (Lagu disesuaikan dengan konteks daerah)
4. Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai. Contohnya seelah
membaca teks investigasi peserta didik dapat menjelaskan manfaat dan
memperoleh data dari teks investigasi.
5. Guru
menyampaikan cakupan materi teks investigasi struktur bunga, proses dan jenis
perkembangbiakan generatif, serta operasi hitung pecahan.
6. Guru
menyampaikan lingkup teknik penilaian yang akan dilakukan adalah sikap,
pengetahuan, dan keterampilan.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Peserta didik dibagi dalam beberapa
kelompok kecil,
peserta didik diminta
keluar kelas untuk mengamati berbagai jenis tumbuhan kemudian berdiskusi hasil temuannya*)
“Perhatikan
lingkungan di sekitarmu.
Berbagai jenis tumbuhan
ada di sekitarmu. Apa manfaat tumbuhan bagi kehidupan
dan bagaimanakah perkembangbiakannya? Yuk, kita cari
tahu!”
*)
Jika kondisi tidak memungkinkan, peserta didik
diberi tugas
mengamati gambar yang terdapat pada buku peserta
didik, lalu menyampaikan hasil diskusi dengan kelompoknya di
depan kelas.
2.
Perwakilan peserta didik membaca nyaring dan peserta didik yang lain menyimak bacaan yang ada pada buku siswa**)
**)
Jika memungkinkan sehari
sebelumnya siswa menulis tentang perkembangbiakan jagung atau mencari pada
sumber lain tentang perkembangbiakan jagung. Jagung dapat diganti sesuai
dengan kondisi sekolah tentang tanaman lain yang sejenis.
3.
Peserta didik membuat 2 pertanyaan mengenai tanaman sebagai
sumber kehidupan berdasarkan hasil pengamatan langsung atau gambar. Secara
berpasangan, peserta didik meminta temannya untuk saling menjawab.
4.
Guru
membimbing peserta didik untuk membuat
laporan investigasi tentang perkembangbiakan jagung.
Kemudian peserta
didik ditugasi untuk menjelaskan
manfaat, cara memperoleh data dari teks investigasi.
5.
Guru
memberikan pertanyaan stimulan mengenai isi teks investigasi.
6.
Peserta didik secara berkelompok mengamati:
-
bagian–bagian
bunga sempurna
-
menemukan stuktur bunga
-
gambar
bagian-bagian reproduksi pada bunga
7.
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang jenis
penyerbukan, proses perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.
8.
Guru
mengamati proses kerja kelompok, sambil memotivasi peserta didik yang belum aktif.
9.
Peserta didik secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompok di
depan kelas.
10.
Peserta didik berlatih menemukan hasil operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
11.
Peserta didik melakukan percobaan/mengerjakan soal
cerita tentang:
-
Hasil operasi hitung penjumlahan
-
Hasil operasi hitung pengurangan
-
Hasil operasi hitung perkalian pada berbagai bentuk pecahan dengan menggunakan strategi
atau cara dengan teliti.
12.
Secara berpasangan peserta didik
saling bertukar pertanyaan dan menjawabnya.
13.
Peserta didik mempresentasikan hasil
kerja kelompok.
14.
Peserta didik mendisplay hasil kerja kelompok.
15.
Peserta didik melakukan kunjung karya
dan menuliskan kesan pada karya yang dikunjungi.
16.
Guru memberikan penguatan materi dan
menanggapi hasil kerja kelompok.
|
165 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik dibimbing guru untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
2.
Guru melakukan penilaian.
3.
Peserta didik diajak melakukan refleksi terhadap aktivitas pembelajaran
yang telah dilakukan.
4.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran.
5.
Guru
menyampaikan rencana kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi
dan program pengayaan.
6.
Guru memberikan tugas/PR kepada peserta
didik terkait materi yang telah dipelajari.
7.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
|
25 menit
|
G. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Sikap:
Observasi
b. Pengetahuan:
Tes tulis
c. Keterampilan:
Daftar periksa
a. Penilaian
Sikap: Observasi
Lembar pengamatan
terhadap peserta didik di kelas/sekolah
Berilah tanda centang
(√) pada kolom yang sesuai!
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Tanggung
jawab
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
SB =
Sangat baik; B = Baik; C = Cukup; K = Kurang
Rubrik
Penilaian sikap
Aspek
|
Sangat
baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
Tanggung
jawab
|
Memenuhi
kriteria:
1. Menyelesaikan tugas tepat waktu
2. Mengerjakan tugas sesuai petunjuk
3. Mengerjakan semua lembar kegiatan
1.
|
Terpenuhi
2 kriteria
|
Terpenuhi
1 kriteria
|
Tidak
terpenuhi semua kriteria
|
b.
Penilaian Pengetahuan: Tes Tulis
Soal:
1) Jelaskan
proses perkembangbiakan generatif pada tumbuhan jagung!
2) Tuliskan
laporan hasil pengamatanmu terhadap perkembangbiakan generatif pada tumbuhan
jagung!
3) Ibu membeli kg jagung di pasar. Ayah membawa 3,75 kg
jagung yang dipetik dari kebun. Jika 50% dari jagung-jagung itu digunakan untuk
memberi makan ayam, sisa jagung yang masih ada berjumlah ... kg.
Kunci Jawaban:
1)
Proses
perkembangbiakan pada tanaman jagung diawali dengan penyerbukan, yaitu:
melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Setelah terjadi
penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal
biji. Kemudian sel kelamin jantan (spermatozoid)
masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari. Di dalam ruang bakal biji
terjadi pembuahan, yaitu: peleburan sel kelamin (spermatozoid) dengan sel kelamin betina atau sel telur. Hasil dari
pembuahan adalah Zigot yang
selanjutnya berkembang menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji, dan
bakal buah berkembang menjadi daging buah. Lembaga yang berada di dalam biji
merupakan calon tumbuhan baru.
2)
Laporan yang ditulis peserta didik berisi
unsur-unsur berikut: (a) judul; (b) jenis tugas; (c) metode; (d) alat dan
bahan; (e) deskripsi perkembangbiakan jagung.
3)
Jawaban: kg + 3,75 kg – 50% = 5,25 kg
Pedoman penskoran:
Jawaban benar soal nomor 1 diberi skor maksimal 20
Jawaban benar soal nomor 2 diberi skor maksimal 50
Jawaban benar soal nomor 3 diberi skor maksimal 30
Skor maksimal ideal = 100
c.
Penilaian Keterampilan: Produk
Daftar Periksa Penilaian Tugas Bahasa
Indonesia Membuat Laporan
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Informasi
Umum
|
Mampu
menemukan informasi umum secara tepat, lengkap, dan benar.
|
Informasi
umum yang ditemukan tepat, tetapi kurang lengkap.
|
Informasi
umum yang ditemukan kurang tepat.
|
Informasi
umum yang ditemukan tidak tepat.
|
Fakta-fakta
berdasarkan data
|
Merespon
dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.
|
Merespon
dengan tepat terhadap komunikasi
nonverbal yang ditunjukkan teman.
|
Sering
merespon kurang tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
|
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
|
Kesimpulan
|
Mampu
menemukan kesimpulan secara tepat, lengkap, dan benar.
|
Kesimpulan
yang ditemukan cukup tepat, tetapi kurang lengkap.
|
Kesimpulan
yang ditemukan kurang tepat.
|
Kesimpulan
yang ditemukan tidak tepat.
|
Penilaian:
Skor = [total nilai : total kolom] x 10
H. Media/Alat,
Bahan dan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Tanaman,
macam-macam bunga, gambar bunga, gambar seri proses penyerbukan, satu jenis
tanaman bahan makanan; teks lagu Bunga Nusa Indah.
2. Bahan : Karton/kertas
Pensil
warna/spidol
3.
Sumber Belajar:
a.
Lingkungan sekitar.
b.
Afriki, dkk. 2015. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk Kelas VI, Tema 1 Selamatkan
Makhluk Hidup. Jakarta: Kemdikbud.
Mengetahui:
Kepala
Sekolah .........
_____________________________
NIP.
.......................................
|
Yogyakarta,
................................
Guru
Kelas,
_______________________________
NIP.
..........................................
|